dessert

Buat kalian yang mempunyai hobi makan pasti sudah kenal dengan apa yang namanya dessert.
Dessert atau biasa dikenal dengan sebutan hidangan pencuci mulut atau hidangan penutup setelah kita menikmati menu makanan utam (main course). Dessert fungsinya yaitu untuk menyegarkan dan menghilangkan rasa eneg setelah mencicipi makanan.
Desert dulunya disajikan dengan buah-buahan segar, namun seiring perkembangan zaman kini telah berubah menjadi berbagi macam makanan ringan yang manis-manis seperti pie, cake, mousse, triffle, hot pudding, soufflé, ice cream yang dipadu dengan cream, sirup, buah dan sauce.

Selain rasanya yang manis, dessert juga harus tampil cantik dan menarik agar kita juga bisa merasakan lezatnya sensasi menikmati makanan. Berikut ini ada tips bagaimana cara menghidangkan Dessert agar tampil cantik dan menarik.
–          Tentukanlah jenis acara untuk menentukan jenis dessert apa yang cocok untuk dihidangkan.
–          Jika kalian menggunakan tema modern, pilihlah kue traditional mini yang disajikan dengan tempat berbahan dasar bambu atau biasa disebut (tampah) yang dihiasi dengan lipatan daun pisang yang indah.
–          Selalu sediakan piring untuk dessert sebagai center piece di meja hidangan.
–          Usahakan sesuaikan alat saji dengan jenis dessert. Misalnya jika kalian menggunakan tema western, akan lebih berkesan jika dihidangkan dengan piring Kristal bening atau piring putih polos dengan aksen keemasan.
–          Sesuaikan jumlah dessert dengan piring saji yang digunakan, jangan sampai terlihat kebesaran atau kekecilan.
–          Jika Dessert yang disajikan memerlukan sendok, usahakan dessert berada diantara sendok teh dan sendok makan.
–          Pilihlah bahan-bahan dessert yang berkualitas. Misalnya jika kalian menyajikan dessert dengan buah-buahan, pilihlah buah yang tingkat kematangannya pas sehingga benar-benar segar.
–          Agar terlihat lebih menarik, sediakanlah garnis seperti daun mint, manisan ceri merah, atau yang lainnya.
–          Jika kalian menyediakan dessert berupa cake, potonglah cake dalam suhu ruangan agar cake yang dipotong bentuknya rapih.
–          Untuk jenis cake, sebaknya di cup kertas karena selain agar tampilannya lebih cantik bisa juga digunakan agar cake mudah diambil.
–          Tentukan saat yang tepat penyajian dessert agar kita bisa menentukan apakan akan menyajikan dessert dingin atau panas.
–          Untuk ice cream, sajikan sesaat sebelum dimakan sehingga ice tidak meleleh saat dessert dimakan.
–          Jika menu pembuka dan utama sudah banyak yang mengandung susu, cream, dan keju. Usahakan agar dessert tidak mengandung unsur yang sama dan sebaiknya sediakan potongan buah dan sorbet agar tidak menjadi eneg.
Nah itulah tadi beberapa tips menyediakan dessert yang baik, semoga tips ini berguna bagi kalian yang ingin menjamu tamu atau membuat kencan agar suasana makan menjadi lebih menarik. Karena penyajian yang menarik juga berpengaruh terhadap suasana makan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s